Perahu Kita

Perahu Kita
dengan perahu ini aku akan berlayar bersama pangeranku..mengungarungi samudra, menjemput mimpi-mimpi dan menaklukan dunia..

Kamis, 16 Januari 2014



Pencarian jati Diri 2 (jilid 1)

Inilah fase pendewasaan, fase perjuangan hidup, fase yang penuh dengan suka duka dan pelajaran berharga. Kesan pertama menginjakkan kaki di bumi jogja hanya dapat diungkapkan dengan satu kata ‘indah’…Jogja adalah kota yang nyaman, bersih, sejuk, tertib, sarat dengan keramahan dan budaya, banyak tempat wisata yang indah dan menarik. Bumi jogja begitu tenang dan damai, amel mencintai kedamaian. Amel langsung jatuh cinta sama tanah jogja. Dulu pertama kali ke jogja amel dianter sama Bapak naik kereta dan itu adalah pertama kali amel ke daerah jawa. Awalnya sih nyasar ke STTNAS hahaha, soalnya tukang taksinya ndak tau STTN mereka taunya STTNAS selain itu juga gak ada plang atau tulisan STTN, tapi untungnya dulu ada teh linda. Teh linda itu orang rangkas yang kuliah di STTN juga dan waktu itu dia semester 5, teh linda lah orang yang dulu bantuin amel nyari kosan, termasuk  bantuin beli barang-barang untuk isi kos. Setelah nyari keliling-keliling akhirnya amel dapet kos di belakang kampus tepatnya di deket masjid attaqwa kledokan, dan tempat itulah yang menjadi markas amel selama 4 tahun dijogja.

Amel juga gak pernah ganti-ganti kos, selain gak mau ribet karena amel udah nyaman sama kos disitu, kos nya udah menyatu dengan jiwa amel, selain itu tempatnya juga strategis deket ke kampus dan deket ke masjid. Penghuni kos disitu juga anak STTN semua tapi kebanyakan kakak kelas ada mbak dias, mbak nana, mbak niken, mbak zizah dan mbak putri, yang satu angkatan sama amel cuma zilmi. Amel satu kos sama zilmi tp zilmi kamarnya di pojok, kalo kamar amel deket ke tangga, deket pintu keluar, deket ke dapur, deket ke aliran air, deket kebun, dan deket arah sinar matahari jadi kamar amel itu selalu hangat dan rame. Rame karena deket jalan keluar jadi banyak dilalui orang, rame karena deket dapur, rame suara aliran solokan, sejuk karena deket pohon2, dan hangat karena selalu disinari matahari kalo pagi dan tambah nyaman lagi karena ada aura amel di ruangan nya hahaha (lebay dikit).
Waktu masih awal-awal di jogja amel masih sering kena syndrome kangen rumah, tapi seiring dengan berjalan nya waktu amel mulai terbiasa dan makin betah dijogja. Ditambah lagi makin banyak temen-temen dan banyak aktivitas dikampus. Di kos amel selalu gabung ma penghuni yang lain, dulu amel belum punya tv ataupun laptop, jadi kadang nonton ke kamar mbak zizah atau mbak niken. Kadang ngobrol2 dan kadang ikut mereka pergi. Dulu amel sering diajak kemana-mana sama mbak dias, kadang nganter dia ke mall, ke toko buku, ke JEC atau sunmor ugm. Mbak dias itu jurusan elin dan dulu semester akhir jadi lagi sibuk TA. Pacar dia jauh di cepu, jadi kalo pergi-pergi pasti ngajak amel, pasalnya amel heboh kata dia biar rame. Kadang suka amel jahilin kalo lagi jalan, pernah dulu amel becandain waktu jalan di toko buku,
‘mbak aku ngeliat mbak nana barusan’
‘nana? Dimana mel?’
‘disini mbak, pake kemben jawa, terus nari-nari gitu mbak, aneh kan?’ ekspresi amel serius banget
‘ah, serius mel?? Mana sih? Dimana mel?’ mata mbak dias sambil nyari-nyari keluar
‘itu lho di cover buku yang lagi mbak pegang’
‘hahahahahaha, awas kamu mel tak bilangin nana nanti klo dah dikos, hahaha’
Waktu itu mbak dias lagi megang buku tentang seni tari gitu, sebenernya bukan buku itu yang dia cari, dia nyari buku matlab buat tugas akhirnya tapi gak sengaja dia megang buku seni, amel becandain aja setidaknya biar dia bisa ketawa gak terlalu serius. Padahal kalo ada mbak nana amel gak akan berani ngejekin dia, ih takut banget pokoknya, mbak nana itu agak jutek soalnya, hahaha, agak gemuk dan tomboy banget jadi ndak kebayang deh kalo dia pake kemben, makanya mbak dias sampe ketawa terbahak-bahak.
Kesan pertama liat kampus STTN rasanya beda banget, berbaur dengan sekumpulan orang-orang botak dan cewek2 manis dari berbagai daerah dengan bahasa dan ciri khas yang berbeda2, tapi yang dari rangkas dulu cuma amel sendiri. Waktu poster dulu amel gak terlalu semangat, terlalu banyak pemaksaan, banyak tugas-tugas yang aneh-aneh, memang sih itu untuk melatih kedisiplinan tapi disiplin itu tidak sarat dengan pemaksaan. Makanya dulu amel gak terlalu antusias banget mengerjakan tugas-tugasnya, alhasil amel jadi sering kena sanksi tapi itu justru lebih seru, kalo selalu manut2 dan ngikut-ngikut aja gak seru, gak ada sesuatu yang beda ditambah kelompok amel dulu orangnya juga gokil-gokil dan males2. Kadang amel suka kasihan ngeliat zilmi sampe gak tidur semaleman karena ngerjain tugas poster, kalo amel sih dulu ngerjain semampunya dan kalo udah gak kuat tidur aja, hahaha. Amel gak terlalu suka ngerjain sesuatu dengan paksaan, amel suka kebebasan, bebas tapi tetap di jalan yang lurus. Bukan berarti amel gak taat peraturan, amel selalu melihat situasi setiap mau bertindak, dan menempatkan diri sesuai situasinya. Kalo untuk situasi peraturan yang nyata amel taat dan lakukan, amel tetep taat hukum dan taat agama. Tapi kalo peraturan poster itu bukan peraturan yang mutlak, cuma buat main-main, akal-akalan kakak kelas biar poster nya seru. Karena kalo gak ada siswa yang dihukum pasti gak seru, pada dasarnya kegiatan poster itu cuma buat saling mengenal aja, jadi amel santai.

Masa-masa semester satu di STTN amel kurang semangat belajar. Sistem belajar di STTN monoton banget jadi gak bisa berkembang dan amel gak bisa mengasah kreatif, hampir tiap hari belajarnya dengerin presentasi dosen, praktek dan bikin laporan, tiap hari bikin laporan terus, gak ada yang menantang. Amel jarang belajar, beda banget sama waktu di SMA, paling belajar kalo pas mau ujian aja itupun kalo mau, kadang belajarnya pas dikelas. Semester awal dulu IP amel Cuma 3,31 kalo temen2 cewek yang lain pada rajin2 banget belajarnya, IP nya jg tinggi2. Menginjak semester 2 IP amel tetep sama gak ada peningkatan malah turun jadi 3,30. Semester dua itu amel ikut banyak kegiatan dikampus, ikut UKM kalam, pers, ikut kepanitiaan baksos dan HIMA. Karena ikut banyak aktivitas itu amel jadi banyak temen, dan amel tambah deket ma tatah karena sama-sama di UKM kalam. Tatah itu jurusan elin jadi beda kelas ma amel, kos nya juga jauh dari kos amel, tapi gak tau kenapa sama dia amel bisa nyambung banget, mungkin karena dia juga orang sunda dan dia baik. Setelah mbak dias lulus dan ada kamar kosong tatah pindah kos ke tempat amel dan kamar nya sebelahan ma kamar amel, selain tatah ada miftah juga. Miftah itu anak elin juga satu kelas ma tata dan dulu satu sekolah ma tata, tapi miftah orangnya diem dan tertutup, kalo zilmi dulu lebih sibuk sama pacarnya, jadi amel dulu lebih deket ke tatah.

Kalo hari libur biasanya tatah, miftah atau zilmi pada ngumpul dikamar amel, ngobrol2, makan2, ngerujak bareng dan kadang nonton. Kamar amel paling rame dan paling nyaman soalnya, hahaha. Kamar amel itu paling beda auranya, lebih tepatnya sih paling lebay. Kamar amel banyak tempelan, dulu kalo amel lagi bosen atau iseng-iseng amel bikin sesuatu kayak gambar dolphin, bunga, terus ditempel di dinding, bikin tulisan-tulisan atau puisi2, bahkan kadang tulisan-tulisan gak penting gitu ditempel, gambar lucu-lucu dan gak ketinggalan banyak tanda radiasi juga seperti tanda ‘awas radiasi’ dan ‘daerah kontaminasi’. Yang selalu diinget itu di pintu kamar amel ada tempelan UUMK alias undang-undang masuk kamar, bunyinya kayak gini :
‘Berdasarkan peraturan no.1 tahun 2009 tentang perizinan masuk kamar bahwa siapapun yang hendak memasuki kamar ini harus mematuhi peraturan berikut :
1.     Wajib mengucap salam bagi muslim
2.    Harus tersenyum dulu sebelum masuk
3.    Tidak diperbolehkan membawa senjata tajam
4.    Tidak boleh membawa rokok, narkoba atau obat terlarang

Presiden Kamar,

Amel valerat azzahra
Siapapun yang lewat kamar amel pasti ngeliat tulisan itu dan negtawain, hahaha. Ada yang bilang amel kurang kerjaan katanya, ada yang bilang amel gila. Tapi temen amel yang selalu ngehormatin UUMK itu tatah, tiap dia mau masuk ke kamar amel pasti dia bilang gini ‘mel aku dah tersenyum nie, boleh masuk gak?’ sambil tersenyum tapi kadang senyum dia kayak kepaksa gitu, hahaha. Kadang amel pengen ketawa2 sendiri kayak ngerjain mareka, tapi sebenernya niat amel itu bukan untuk ngerjain cuma pengen ngeliat semua orang bahagia dan tersenyum, terserah mereka bilang gila justru ketika mereka ngetawain amel seneng bisa ngeliat mereka ketawa, jadi yang masuk ke kamar amel gak boleh cemberut, kamar amel harus dihuni dengan orang-orang yang bahagia dan mempunyai semangat hidup. Terkadang kalo temen-temen amel lagi sedih atau ada masalah selalu amel paksa untuk tersenyum, senyum itu terapi sederhana yang efeknya luar biasa.

Tatah itu temen yang paling deket waktu di jogja, temen berjuang dan temen berbagi. Dia juga bisa diajak gila, pokoknya amel sama dia itu hampir sama selalu    santai menjalani dan menikmati setiap fase hidup. Kalo ada apa-apa dia pasti selalu  curhat sama amel, dan dia orang pertama yang selalu amel bagi kalo amel punya apa-apa. Pernah dulu amel sama tatah sama2 lagi gak punya uang, tapi dulu amel masih punya beras, amel ajak dia makan bareng aja tapi gak ada lauknya, akhirnya kami nyari-nyari uang receh di tas, di kantong baju atau dikos, dapet uang kencring 500 totalnya 2000,
‘uang segitu dapat apa ya mel?’
‘beli gorengan aja, kan udah ada nasi’
Akhirnya kami beli gorengan bakwan sama tempe dapet 5, terus makan sepiring berdua.
‘mel, hari ini gorengan jadi pahlawan kita’
‘iya nta, pahlawan kelaperan, hahaha’
Amel seneng dalam kondisi apapun tatah itu mau diajak ketawa. Bagi amel rezeki terdahsyat pada hari itu bukan terletak pada nasi dan gorengan, tapi rezeki keberkahan. Meskipun kita makan daging atau makan enak kalo tidak ada rasa syukur tidak akan terasa nikmat. Makakan apapun yang kita makan setiap hari akan terasa nikmat luar biasa jika selalu disyukuri.

Menginjak semester 3 amel mulai kesulitan masalah baiaya kuliah. Maklum waktu itu yang kuliah 3 orang, ibu ngelanjutin S1 di UT dan teteh juga kuliah semester 5 di STKIP. Sedangkan gaji ibu gak cukup buat ngebiayain semuanya, kadang malah minjem dulu ke saudara atau temen ibu. Amel jadi sering telat bayar kuliah dan telat dikirim uang saku. Sejak saat itu amel memutuskan untuk bisnis, selama ALLOH masih memberi kekuatan memberi kaki dan tangan yang sehat maka tidak ada alasan untuk kita malas berusaha. Awalnya amel buka bisnis laundry, dipromosiin ke kos2 cewek gitu. Lumayan dulu ada pelanggan, pelanggan setia amel mbak dias sama mbak rahma, tapi bisnis itu ndak berjalan lama paling cuma satu bulan. Setelah itu amel bisnis pulsa, modal awalnya dulu cuma 50rb, tapi lama kelamaan tambah rame yang beli, modalnya ningkat jadi 200rb, tapi yang namanya usaha pasti ada pasang surutnya, terkadang banyak temen yang ngutang dan uang nya jadi macet. Beberapa lama kemudian temen sekelas amel ngajakin bisnis bareng, anggap aja namanya si X. Dia temen cowok yang paling deket sama amel, dia baik banget sering ngasih pinjeman laptop buat ngerjain tugas. Dia nagajak bisnis makaroni, makanan ringan kecil2 gitu tapi rasanya gurih dan pedes, kebetulan dia itu rumahnya deket ke supplier nya jadi dia yang distribusiin dan amel yang ngejualin nya. Akhirnya amel jualan macaroni di taruh di kos-kosan, ditaruh di kotak terus ditulisin harganya dan disediain tempat uang kayak kantin kejujuran gitu. Memang sih resiko nya besar bisa aja ada orang yang gak jujur atau gak bayar, tapi setidaknya dicoba dulu. Amel yakin ALLOH yang mengatur rezeki, tidak ada usaha yang sia-sia. Selain di kos-kos amel taruh juga di angkringan dan di warung makan gitu, nanti labanya dibagi sama penjualnya, termasuk amel taruh di kantin kampus juga. Bahkan kadang amel sering bawa ke kelas juga dan banyak temen-temen yang beli di kelas. Alhamdulillah dulu omzet nya lumayan bisa nyampe 100-200pak/minggu dan keuntungan nya juga lumayan.
Laba makroni yang pertama dulu amel puterin lagi pake modal jualan kerudung dan rok batik. Kalo libur dulu amel ke malioboro beli kerudung dan rok buat jualan, terus amel iderin ke kos-kos cewek, amel tawarin ke mereka atau kadang amel buka pesanan juga. Jadi dulu amel megang bisnis pulsa, macaroni, dan kerudung. Kadang temen-temen bilang amel itu kayak warung berjalan, hahaha. Kalo tatah dulu ngasih julukan amel si ratu receh, soalnya sehabis nyetor2 makaroni dulu amel sibuk ngitung uang kencringan hasil jualan makaroni, uang 100an ditata jadi 1000an gitu pake lakban, uang 500an jadi 5rb terus ditukerin ke warung-warung dengan uang kertas, kadang malahan amel beli makan pake uang kencringan juga. Amel sih dulu cuek gak ada malu sedikitpun beli pake uang kencring, rasa malu itu kalah dengan semangat juang amel. Yang penting kan uang itu halal dan hasil keringat amel sendiri. Pernah dulu ada temen amel yang nanya ‘mel, kamu gak malu jualan kayak gitu?’, amel cuma tersenyum dan diem. Sungguh sedikitpun gak ada rasa malu, jualan itu kan bukan perbuatan buruk, kalo maling baru malu. Rasa gengsi pun mati dikalahin sama semangat amel. Amel tidak peduli orang bilang apa yang penting amel berjuang untuk hidup dan amel tidak malu selama perjuangan itu di jalan yang benar.

Dulu amel memang semangat banget berbisnis, bahkan tugas-tugas dan laporan amel dulu banyak yang telat dikumpulnya karena sibuk bisnis. Amel selalu inget hadist rasulullah ‘9 dari 10 pintu rezeki adalah berdagang’… hadist itu yang membuat amel juga semangat berbisnis, dan semata-mata amel lakukan itu bukan untuk menumpuk harta, melainkan untuk bertahan hidup di jogja, dan untuk biaya menuntut ilmu. Laba dari jualan itu sebagian amel sedekahin dan sebagian di tabung untuk ngumpulin bayar SPP atau KRS, kadang buat saku amel sendiri dan buat bayar kos kalo ibu telat ngirim.
Dulu amel agak tertutup sama cowok, cowok yang paling deket sama amel itu si X, karena selain bisnis macaroni sama dia, dia juga baik sering bantuin amel, awalnya amel gak mau dibantuin karena ngerasa gak enak dan ngerasa bales budi, tapi amel anggap itu bantuan dari alloh lewat dia. Lama kelamaan dia jadi sering sms amel, sering curhat dan terbuka, amel juga mulai terbuka tapi amel anggap dia sebagai temen. Dia suka sama amel dan ngajak komitmen untuk serius, dia bilang sayang sama amel, tapi dulu perasaan amel ke dia cuma sayang sebagai sahabat.  Amel susah jatuh cinta, tapi seiring berjalan nya waktu amel jadi luluh dengan kabaikan-kaebaikan dia dan ketulusan dia. Akhirnya amel komitmen sama dia tapi hubungan kami tertutup, dia gak mau temen-temen tau, mungkin dia malu karena amel orang gak punya. Dia jaim banget, bahkan kalo dikelas cuek banget kayak gak kenal amel. Dia juga kenal sama teteh amel, dulu teh mae pernah main ke jogja dan dianter-anter sama dia, dinter ke kaliurang dan taman sari. Dia juga pernah ngobrol sama ibu ditelpon, sejak saat itu amel cerita ke ibu kalo amel deket sama dia. Amel akan selalu cerita ke ibu biar dia gak khawatir, ibu ngebolehin amel deket sama cowok asal amel bisa menjaga diri, karena itu tanggung jawab moral amel, dan amel selalu menjaga kepercayaan ibu. Dulu amel gak tahu perasaan amel ke dia seperti apa, bahagianya gak lepas, kayak terkekang. Kadang amel juga ngerasa gak diakuin dan gak dihargain. Pernah amel minta pendapat dia tentang cerpen amel yang mau dimuat di big bang, tapi dia gak komentar apa-apa, bahkan mungkin gak dibaca. Dulu amel memang sering bikin artikel di majalah big bang, ada cerpen yang dimuat juga judulnya ‘senja di bayah’ isinya tentang perjuangan hidup.
Saat semester 3 IPK amel turun drastis jadi 3,09 terus semester 4 naik lagi jadi 3,18. Saat itu amel gak pernah belajar, disibukkan dengan jualan. Tapi meskipun amel males belajar dikelas amel selalu disempatkan untuk menulis, amel tetep rajin mencatat, karena kesempatan belajar amel hanya dikelas. Diluar jam belajar amel sibuk bisnis. Alhasil catatan amel itu kadang jadi amunisi temen2 yang males nyatat buat ujian, haha. Terutama temen-temen cowok yang pada males nyatet seperti mahendra, imam, qoyum, fajar, hajar, heri dan yang lain nya. Tiap besoknya mau ulangan, UTS atau UAS pasti mereka pinjem catatan amel. Biasanya siang catatan nya amel taruh di pagar kos, terus difotokopi sama mahendra, setelah itu ditaruh dipagar lagi, terus difotokopi fajar, setelah itu ditaruh dipagar lagi terus difotokopi imam atau yang lain nya begitu dan seterusnya. Setelah magrib baru catatan nya amel ambil buat belajar. Kalo catatan nya belum amel taruh pagar pasti temen2 nanyain pada sms, hahaha. Kalo kata imam dulu amel pahlawan catatan, hahaha. Sebenernya banyak temen2 cewek yang lebih rajin nyatet kayak novi, islah, wuri, wahyu, tapi temen2 sering minjem nya ke amel. Kalo ke yang lain mereka pada males, katanya banyak alesan ada yang bilang catatan nya gak lengkap, ada juga yang pelit. Kadang amel pengen ketawa sendiri, catatan amel laku banget kalo musim ujian, tapi ada perasaan senang juga setidaknya catatan amel berguna buat orang lain. Amel sih gak peduli catatan amel dicopy orang lain, toh nilai itu ditentukan oleh kerja keras dan tergantung otak setiap orang, jadi kenapa harus pelit catatan. Kalo amel dulu memang gak terlalu ngejar IP, target amel dulu adalah lulus dan bertahan hidup di jogja. Meskipun ndak pernah belajar IPK amel ndak pernah dibawah 3, setidaknya masih aman.
Amel jarang ngumpul sama temen2. Kalo dikelas temen-temen pada ngobrol sedangkan amel sibuk ngitung-ngitung pemasukan makroni, pulsa atau krudung. Tapi kalo temen2 pada ketawa amel ikut ketawa-ketawa, meskipun kadang amel gak tahu mereka ngetawain apa, yang penting amel bisa ketawa, hahaha. Kadang kalo mereka tanya amel jawab iya iya aja, padahal gak tahu mereka ngomongin apa, makanya kadang jawaban amel gak nyambung, itulah kenapa wahyu sering bilang amel lola. Hahaha. Tapi bukan berarti amel gak menghargai mereka, kalo mereka nanya serius amel juga dengerin serius dan fokus, kalo mereka mulai ngegosip atau ngomongin orang amel lebih sering gak dengerin dan sibuk sendiri. Amel itu paling gak update kalo masalah gossip. Kadang mereka suka nanya,
‘lha mel, emang kamu gak tahu kalo si itu bla..bla..bla..’
‘engggaaaak’ ekspresi amel seperti biasa
‘kemana aja mel? Itu udah lama kali’
Amel cuma senyum2 dan sebenernya gak mau tahu, lebih tepatnya gak mau gosipin orang.

Sehabis kuliah biasanya temen-temen pada ngumpul di loby, kalo amel pulang duluan terus ngelanjutin aktivitas seperti biasa. Ngecek makroni ke kos-kos sambil nyetor-nyetor, terus malemnya jualan kerudung. Kadang setor-setornya ke kos temen yang di tambak bayan lumayan jauh, keliling-keliling ke 9 kos yang jaraknya lumayan jauh-jauh, setelah itu  sorenya ke angkringan, tapi meskipun panas-panas dan jalan jauh amel tetep semangat. Terkadang memang capek, mungkin sangat sangat lelah. Tapi itu bukan alasan untuk mengeluh. Saat amel berada dititik terlemah, amel selalu mengecek hati amel. Tangan kanan amel diletakkan di dada kiri, karena itulah tempatnya jantung berada, dan disitulah pusat kehidupan, dan pusat kehidupan adalah alloh. Sambil amel letakkan tangan kanan di dada kiri, amel tanyakan pada hati ini ‘masih adakah kekuatan dalam diri ini?’ lalu hati amel menjawab ‘ada alloh, ada alloh, ada alloh’.. saat itu hati amel merasa bergetar, lalu amel ucapkan pelan-pelan “ada ALLOH…ada ALLOH… ada ALLOH..” amel rasakan lebih dalam, getaran itu semakin kuat, getaran itulah yang mengumpulkan semangat-semangat dalam diri amel. Getaran yang mampu membunuh semua rasa takut, cemas, malu, gengsi, capek, lelah. Semua tantangan yang di depan amel lawan, karena ada kekuatan dalam diri ini, kekuatan dari ALLOH. Itu adalah terapi terdahsyat yang selalu amel lakukan sampai sekarang. Setelah melakukan terapi itu amel selalu merasa tenang, karena hati ini selalu terpaut dengan-Nya. Amel justru bersyukur diberi ujian ini sama alloh, biar amel bisa lebih menghargai hidup, bisa tahu susahnya mencari nafkah, bisa meringankan beban kedua orangtua amel. Amel yakin mampu menghadapi semuanya karena alloh akan menguji setiap orang sesuai kemampuan nya. Amel bersyukur masih diberi jiwa yang sehat, kaki dan tangan yang lengkap untuk berusaha, bahkan diluar sana lebih banyak orang yang tidak beruntung, yang tunanetra, tunadaksa, dan yang perjuangan hidupnya mungkin lebih keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar